14 Hal Terbaik Yang Dapat Dilakukan Di Pulau Besar Hawaii (Dengan Peta)

Bisa ditebak, Big Island adalah pulau terbesar di Hawaii, dan dengan ukurannya yang tipis dan keragaman lanskap yang luar biasa, pulau ini menawarkan yang terbaik dari setiap pulau Hawaii yang digabung menjadi satu. Seperti yang dikatakan penduduk setempat, Anda bisa berjalan di salju dan berenang di laut pada hari yang sama!

Pulau ini adalah rumah bagi gunung berapi aktif, taman nasional yang kaya akan sejarah dan mistisisme, dan pantai-pantai yang seperti surga. Ada lima gunung berapi di pulau itu: Mauna Loa, Kilauea, Kohala, Mauna Kea dan Hualalai.

Tetapi meskipun demikian, ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan di Big Island daripada menjelajahi taman nasional dan gunung berapi yang menjulang tinggi. Ada pantai dari semua warna yang dihiasi dengan pasir hitam, pasir hijau, pasir putih dan pasir garam dan merica (campuran hitam dan putih).

Bersantai, mendaki, berenang dengan pari manta, melarikan diri ke kebun raya tropis, dan menikmati budaya santai Hawaii dan kehidupan yang lebih lambat.

14. Pantai Pasir Hijau Papakolea

© Shutterstock

Pantai spektakuler ini adalah salah satu dari hanya dua pantai pasir hijau di Amerika Serikat. Pantai terletak di abu gunung berapi Mauna Loa berusia 49.000 tahun!

Gunung berapi ini tertutup olivin, kristal hijau, yang membuat pantai tampak hijau – itulah namanya. Jalankan tangan Anda melalui pasir dan memilah potongan lava hitam, cangkang putih, dan olivin hijau. Anda tidak akan pernah melihat pasir seperti ini sebelumnya.

Anda bisa berenang, tapi hati-hati karena ombaknya bisa sedikit berombak! Tidak ada toko atau fasilitas di dekatnya, jadi bawalah semua yang Anda butuhkan dan nikmati hari di pantai yang unik ini.

13. Taman Liliuokalani

Taman Liliuokalani© Shutterstock

Taman Liliuokalani berada di sepanjang Banyan Drive di pusat kota Hilo. Sejarah taman dimulai ketika raja terakhir Hawaii, Ratu Liliuokalani, menyumbangkan tanah untuk diubah menjadi taman umum.

Sekarang taman hias bergaya Edo terbesar di luar Jepang, dan memberikan penghormatan kepada imigran Jepang yang membantu membentuk sektor pertanian Big Island pada awal tahun 1868.

Ayo berjalan-jalan melalui taman yang sangat lucu ini di mana Anda dapat berjalan di jembatan kecil bergaya Jepang di atas sungai yang bergerak lambat dan bersantai dengan suara kicau burung di dekatnya.

12. Desa Holualoa

Desa Holualoa© Waktu mimpi

Desa ini terletak di pantai barat Big Island, di sepanjang lereng Gunung Berapi Hualalai. Jangan khawatir, gunung berapi itu sudah lama tidak aktif!

Holualoa dikenal sebagai pusat kopi, pertanian, dan seni di pulau itu. Karena kota ini terletak di sepanjang Kona Coffee Belt, ini adalah tempat yang sempurna untuk menanam beberapa kopi terbaik Hawaii.

Jangan pergi tanpa menjelajahi perkebunan kopi lokal di Gunung Hualalai, seperti Mauka Meadows. Budaya kopi dimulai di Holualoa sejak tahun 1828. Atraksi utama lainnya termasuk Pantai Pasir Ajaib dan Galeri Seni Glyph.

11. Pantai Anaehoomalu

Pantai Anaehoomalu© Waktu mimpi

Pantai Anaehoomalu, di sepanjang pantai barat Big Island, dikenal penduduk setempat sebagai A-Bay. Jika Anda mencari hari yang indah di pantai, Anda telah menemukannya.

Datang dan berjemur di pasir putih bersih di bawah pohon kelapa dan berjemur di bawah sinar matahari tropis. Lihatlah pegunungan di kejauhan sebelum menyelam ke laut yang sejuk dan jernih.

Pantai ini memiliki karang lepas pantai yang membuatnya sangat populer untuk snorkeling dan scuba diving. Anda juga bisa pergi selancar angin dan berselancar saat cuaca memungkinkan!

10. Teluk Kealakekua

Teluk Kealakekua© Shutterstock

Ada monumen Kapten Cook di Teluk Kealakekua yang memperingati tempat kematiannya pada tahun 1779, tahun yang sama ketika penjelajah Eropa pertama kali tiba di pulau di sepanjang teluk ini!

Kealakekua adalah salah satu tempat snorkeling dan kayak terbaik di dunia berkat air biru kehijauan yang jernih yang merupakan rumah bagi ikan tropis berwarna-warni, dan pemandangan tebing berbatu yang spektakuler di sekitar teluk menemani perjalanan kayak laut Anda.

Kealakekua adalah teluk alami terbesar di pulau itu dan juga merupakan tempat hiking yang populer.

9. Pu’uhonua atau Taman Sejarah Nasional Honaunau

Pu'uhonua atau Honaunau© Shutterstock

Taman Sejarah Nasional Pu’uhonua o Honaunau dianggap suci bagi penduduk lokal Hawaii dan terkait erat dengan kisah asal mereka. Di Hawaii kuno, orang-orang diatur oleh hukum yang dikenal sebagai kapu.

Jika kapu dipatahkan, hukumannya adalah mati. Tapi ada keselamatan bagi para penjahat – untuk mencapai Pu’uhonua.

Teluk taman dijaga oleh patung kayu Ki’i yang menjulang tinggi dan menyeramkan dan sebuah kuil mistis berada di dalam batasnya, Kuil Hale o Keawe. Bergabunglah dengan masa lalu dan tradisi Hawaii di taman nasional yang mempesona ini.

8. Pantai Pasir Hitam Punalu’u

Pantai Pasir Hitam Punalu'u© Waktu mimpi

Di sepanjang pantai timur pulau ada pantai yang mengesankan dengan fitur yang sangat unik, pasir hitam gelap. Pasir pantai sebenarnya adalah butiran kecil lava!

Pantai Punalu’u menjadi sangat panas karena pasirnya yang hitam, yang menarik penyu hijau yang datang untuk beristirahat dan menghangatkan diri! Ini adalah spesies yang terancam punah, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk melihatnya dari dekat.

Ini bukan pantai terbaik untuk berenang dan snorkeling karena cuacanya bisa sangat buruk. Tapi itu adalah tempat yang ideal untuk datang dan mengamati fauna langka dan berjalan di sepanjang pantai.

7. Puncak Mauna Kea

Puncak Mauna Kea© Shutterstock

Gunung besar ini adalah yang tertinggi di Hawaii! Secara teknis, itu juga yang tertinggi di dunia. Gunung Berapi Mauna Kea, jika diukur dari dasar laut, tingginya 33.476 kaki! Namun, sebagian besar berada di bawah air dan ketinggian 13.796 kaki di atas air tidak dapat bersaing dengan Gunung Everest.

Anda dapat berkendara ke Observatorium Mauna Kea di puncak, mendaki di sekitar puncak, atau mengikuti tur mengamati bintang larut malam. Ada banyak cara untuk menjelajahi Mauna Kea.

Datang dan ambil beberapa foto liburan terbaik Anda dari atas, dan nikmati menghirup udara segar dan waktu di alam. Terkadang puncak menerima salju di musim dingin.

6. Kebun Raya Tropis Hawaii

Kebun Raya Tropis Hawaii© Shutterstock

Kebun Raya Tropis Hawaii adalah tempat yang sempurna untuk datang dan melepaskan diri dari kekhawatiran Anda dan terhubung kembali dengan alam. Mendaki ke air terjun yang memancar dan bersembunyi di bawah naungan pohon palem yang rimbun.

Berdiri di bawah pohon berusia berabad-abad, nikmati aroma dan warna bunga tropis yang tumbuh di kebun raya, dan lepas dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Ikuti tur dengan pemandu lokal jika Anda ingin mempelajari semua tentang satwa liar paling langka dan paling berharga di taman ini. Awasi satwa liar di sepanjang jalan.

5. Pasar Petani Hilo

Pasar Petani Hilo© Shutterstock

Pasar lokal ini berlangsung pada hari Rabu dan Sabtu dan merupakan kesempatan bagus bagi Anda untuk mengobrol dengan penduduk setempat, menyerap suasana, dan membeli produk lokal terbaik.

Lebih dari 200 petani dan pengrajin lokal sering mengunjungi pasar, jadi Anda tidak punya pilihan. Ayo cicipi buah tropis paling matang dan segar yang belum pernah Anda dengar sebelumnya dan beli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pastikan untuk mencoba produk lokal yang tidak dapat Anda bawa pulang, seperti belimbing yang berair, buah naga yang manis, dan rambutan.

4. Berenang dengan pari manta

ikan pari© Shutterstock

Pari manta adalah hewan laut yang anggun dan tenang dengan alam yang lembut dan keindahan yang menakjubkan. Bayangkan melihat ke bawah dan melihat satu meluncur melalui air di bawah Anda?

Anda dapat menuju ke Pantai Kohala dan berenang dengan sinar matahari di pantai yang terletak di samping Mauna Kea Beach Hotel ini. Hotel membanjiri terumbu dengan cahaya setiap malam, menarik plankton dan pada gilirannya pari manta. Idealnya, Anda dapat memesan perjalanan scuba diving atau snorkeling langsung ke hotel.

Atau, Pantai Kona adalah tempat yang populer untuk berenang dengan pari manta di bawah langit berbintang. Anda dapat melakukan perjalanan perahu yang akan membawa Anda dan sekelompok kecil orang lain ke laut pada malam hari dan menyalakan lampu sorotnya untuk membiarkan sinar masuk. Lalu lompat dan berenang bersama mereka!

3. Lembah Waipi’o

Lembah Waipi'o© Waktu mimpi

Lembah Waipi’o pernah menjadi rumah bagi raja dan kerajaan berpenduduk. Saat ini, tanah tersebut terutama digunakan untuk menanam talas, salah satu makanan pokok Hawaii. Ladang talas membentang bermil-mil ke segala arah.

Lembah itu dinamai Sungai Waipi’o yang berkelok-kelok melalui lembah dan turun ke laut.

Ada air terjun yang meluap di lembah yang bisa Anda akses dengan berjalan kaki menuruni lembah. Sayangnya, Lembah Waipi’o sekarang ditutup, tetapi Anda dapat mengunjungi Waipi’o Valley Lookout dan menikmati beberapa pemandangan terbaik di bagian Big Island yang spektakuler ini!

2. Taman Negara Air Terjun Akaka

Taman Negara Air Terjun Akaka© Shutterstock

Baik Anda seorang fanatik alam, pejalan kaki yang rajin, atau penggemar fotografi, ini adalah tujuan yang harus dilihat di Big Island. Taman ini berjarak kurang dari setengah jam berkendara dari Hilo, menjadikannya perjalanan sehari yang sempurna dari kota.

Akaka Falls State Park adalah rumah bagi dua air terjun yang spektakuler, Air Terjun Akaka dan Air Terjun Kahuna. Anda akan terkesan saat melihat Air Terjun Akaka, air terjun setinggi 442 kaki – yang tertinggi di pulau!

Ada jalan beraspal yang akan membawa Anda melewati dua set air terjun dan sampai ke titik pengamatan dengan pemandangan Akaka yang spektakuler (bawa kamera Anda)! Jalannya beraspal dan panjangnya kurang dari setengah mil, tetapi di beberapa tempat curam.

1. Taman Nasional Gunung Api Hawaii

Taman Nasional Gunung Api Hawaii© Waktu mimpi

Taman mistis dan suci di Big Island ini tidak memiliki satu, tetapi dua gunung berapi aktif – gunung berapi Kilauea dan Mauna Loa. Jarang Anda bisa mendekati gunung berapi purba, dan ini adalah beberapa yang paling spektakuler di dunia.

Gunung berapi Kilauea dianggap sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di planet ini, dan telah meletus sebentar-sebentar sejak 2018. Tidak diragukan lagi, dewi Pelé ada hubungannya dengan itu.

Ayo mendaki melalui kawah gunung berapi dan hutan hujan yang hangus, dan kagumi tanah tandus dan retak di bawah kaki Anda – Anda sedang berjalan di atas lava!

Peta hal yang dapat dilakukan di Big Island, Hawaii