6 Hal yang Bisa Dilakukan di Jakarta di Bulan Desember untuk Pengalaman Liburan Seru


Jakarta, ibu kota Indonesia yang sangat besar, merupakan perpaduan menarik dari budaya yang dinamis dengan pengaruh Jawa, Malaysia, Cina, Arab, India, dan Eropa. Pengaruhnya tercermin dengan baik dalam arsitektur, makanan, dan orang-orangnya. Kota tua, Kuta Tua, adalah rumah bagi bangunan kolonial Belanda, Glodok (Pecinan Jakarta) dan pelabuhan tua Sunda Kelapa, di mana sekunar kayu tradisional berlabuh. Meskipun waktu terbaik untuk mengunjungi Jakarta adalah saat cuaca kering, namun keindahan Jakarta paling baik dieksplorasi selama bulan-bulan musim dingin dari November hingga Januari.

Jakarta pada bulan Desember sering kali merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung karena ibu kota memiliki banyak hal yang ditawarkan dalam hal kota modern di negara ini. Sementara Bali adalah pendekatan yang lebih santai untuk berlibur di tengah pantai yang masih asli, Jakarta menawarkan lebih banyak hal dengan keunikannya sendiri dan budaya hibrida untuk dijelajahi. Yuk cari tahu hal seru apa saja yang bisa kamu lakukan saat jalan-jalan ke Jakarta di bulan Desember.

6 hal yang dapat dilakukan di Jakarta pada bulan Desember

Dari mengagumi arsitektur yang rumit hingga menjelajahi kerajaan bersejarah di Jakarta, ibu kota Indonesia ini merupakan perpaduan dari banyak pengaruh budaya, mari cari tahu apa saja hal menarik yang dapat dilakukan di Jakarta pada bulan Desember.

1. Belanja di Menteng

Pasar loak Menteng di Jakarta

Salah satu tujuan utama berkunjung ke Jakarta adalah berbelanja, Anda bisa berbelanja di Jakarta dan menikmatinya di salah satu pasar terkenal yang bernama Menteng. Menteng adalah pasar loak yang terkenal dengan berbagai macam barang, termasuk tekstil, kerajinan, dan barang seni. Anda bahkan dapat memuaskan hasrat Anda dengan menikmati makanan ilahi yang tersedia di pasar. Pasar utamanya bernama Pasar Loak Jalan Surabaya yang pertama kali dibuka pada tahun 1970-an dan terkenal dengan barang-barang antiknya. Temukan toko yang bagus di mana Anda akan menemukan harta karun tersembunyi seperti piringan hitam dan ukiran kayu berukir.

2. Kunjungi Monas

menikmati panorama jakarta

Monumen setinggi 137m ini wajib dikunjungi di Jakarta, karena jika keindahan arsitekturnya memukau, Anda bisa mengaguminya selama berjam-jam. Menara Monas adalah landmark paling terkenal di Jakarta dan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang bepergian ke Jakarta. Itu berdiri sebagai simbol kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada tahun 1945 setelah bertahun-tahun pemerintahan kolonial Belanda. Terletak di Lapangan Merdeka, kunjungan ke Menara Monas melibatkan pandangan sekilas ke masa lalu Indonesia yang jaya dan penuh gejolak. Nikmati masa lalu Indonesia dan lakukan perjalanan menyusuri jalan kenangan di tempat wisata ini saat berkunjung ke Jakarta.

3. Jelajahi Kota Tua

Bagian kota ini adalah wilayah Jakarta yang paling signifikan secara historis yang juga dinamai Kota Tua Batavia. Berjalan-jalanlah di sekitar dan nikmati suasana bersejarah di bagian Jakarta ini, kagumi arsitektur menawan yang berasal dari masa kolonial Belanda. Kunjungi alun-alun pusat kota berbatu yang kebetulan menjadi daya tarik utama wilayah ini. Cara terbaik untuk menjelajahi lingkungan ini dengan sepeda. Nikmati seni budaya dan bersantai dalam suasana santai Kota Tua. Jika Anda merasa lelah dan membutuhkan energi untuk menghidupkan kembali, ada juga banyak kafe unik yang dapat Anda kunjungi untuk menenangkan diri dan menikmati makanan cepat saji untuk memuaskan rasa lapar Anda.

4. Kunjungi Skye Bar

Minuman bir

Dikelilingi gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, Skye Bar adalah bar di atas atap gedung 57 lantai yang menawarkan panorama kota Jakarta terbaik. Kagumi cakrawala Jakarta yang menakjubkan saat Anda menyesap koktail dan menikmati hidangan lezat di bar atap ini. Ini adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan di Jakarta pada bulan Desember, untuk berjemur di pagi musim dingin yang dingin.


Merencanakan liburan di Bali tetapi tidak tahu harus berbuat apa? Laporan Perjalanan Bali ini membantu Anda menemukan perjalanan terbaik Anda!

Kisah perjalanan nyata. Tetap nyata. Saran praktis untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.


5. Jelajahi Glodok (Pecinan Jakarta)

tempat belanja jalanan terbaik di Jakarta

Biarkan diri Anda terpesona oleh gang-gang sempit dan berkelok-kelok di pasar yang ramai ini, yang dipenuhi dengan gerobak makanan, kuil, dan kios jajanan. Pecinan bersejarah Jakarta adalah kawasan semrawut dan labirin yang menarik ribuan wisatawan setiap tahun. Toko-toko menjual segala sesuatu mulai dari gadget elektronik hingga makanan ringan tradisional dan suvenir untuk membawa pulang sepotong Jakarta. Ini adalah tempat favorit bagi pembeli dan pecinta kuliner, mencicipi makanan unik saat Anda berbelanja pernak-pernik lucu, dan belajar tentang sejarah Chinatown dari pembelanja atau lokal.

6. Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan adalah rumah bagi beberapa hewan Indonesia, termasuk komodo dan orangutan, serta berbagai spesies. Kebun binatang ini mencakup 185 hektar lahan dan mencakup spesies dari seluruh dunia. Tempat ini juga memiliki rangkaian bunga dan tanaman asli, tempat favorit untuk berjalan-jalan di hutan belantara Indonesia.

Meskipun ada banyak hal yang harus dilakukan di Jakarta pada bulan Desember, daftar ini memberi Anda gambaran tentang kehidupan kota Jakarta terbaik yang akan membantu Anda merencanakan perjalanan Anda ke Jakarta dengan cara terbaik. Pastikan untuk menambahkan hal-hal dan tempat-tempat ini ke daftar rencana perjalanan Anda dan jika Anda mengetahui hal lain yang dapat dilakukan di atau dekat Jakarta, sebutkan di komentar di bawah dan beri tahu kami tentang pengalaman Anda!

Peringatan: TravelTriangle tidak mengklaim kredit untuk gambar apa pun yang ditampilkan di situs blog kami, kecuali dinyatakan lain. Semua konten visual dilindungi hak cipta oleh pemiliknya yang terhormat. Kami mencoba menautkan ke sumber asli jika memungkinkan. Jika Anda memiliki hak atas salah satu gambar dan tidak ingin gambar tersebut muncul di TravelTriangle, silakan hubungi kami dan gambar tersebut akan segera dihapus. Kami percaya dalam memberikan atribusi yang tepat kepada penulis, artis, atau fotografer asli.

Tolong dicatat: Setiap informasi yang diterbitkan oleh TravelTriangle, dalam bentuk apa pun, tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis apa pun, dan tidak ada tindakan yang harus diambil sebelum berkonsultasi dengan ahli medis profesional pilihan Anda.

FAQ tentang Jakarta di bulan Desember

Bagaimana iklim di Jakarta pada bulan Desember?

Cuaca di Jakarta tetap panas dan lembab sepanjang tahun, tetapi tetap pada musim sepi antara bulan Oktober dan Mei. Di Jakarta pada bulan Desember, suhu tetap antara 25 dan 31 derajat Celcius.

Di mana tempat terbaik untuk berbelanja di Jakarta?

Menteng adalah tujuan belanja yang bagus bagi siapa saja yang ingin berbelanja di Jakarta. Ini adalah pasar loak yang menjual banyak kerajinan, tekstil, dan barang-barang artistik.

Bagaimana menuju Jakarta dari Bali?

Jakarta dapat dicapai dari Bali dengan naik kereta api, feri dan bus dan tidak akan memakan waktu lebih dari 24 jam untuk sampai ke sana. Jika Anda ingin sampai di sana secepat mungkin, saluran udara adalah pilihan terbaik.

Berapa hari Anda harus tinggal di Jakarta untuk menjelajahi tempat itu?

Jakarta adalah tempat yang kompleks dan menarik dan Anda harus memiliki setidaknya 4 hari rencana perjalanan untuk menjelajahi seluruh kota. Kurang dari 4 hari tidak cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata di Jakarta.

Apa barang terbaik untuk dibeli di Jakarta?

Jika Anda berkunjung ke Jakarta, Anda harus membeli tekstil batik, wayang, congklak, batik lukis, gamelan, keris dan masih banyak lagi. Anda juga dapat membeli makanan lokal yang dibuat dari batu dan kayu.

Apa tempat terbaik untuk dikunjungi di Jakarta pada bulan Desember?

Menteng, Monas, Kota Tua, The Skye Bar, Glodok, dan Kebun Binatang Ragunan Assam setelah beberapa tempat terkenal yang dapat Anda kunjungi di Jakarta pada bulan Desember.

Apakah Jakarta tempat yang aman?

Dari segi keamanan, Jakarta bisa dilihat sebagai medium. Juga, Anda harus berhati-hati saat bepergian dan pastikan untuk menyimpan nomor bantuan lokal.

Apakah Jakarta tempat yang mahal?

Jakarta bukanlah tempat yang mahal sama sekali. Dengan bujet US$200 hingga US$400, Anda bisa bersenang-senang di sana. Selain itu, Anda akan memiliki banyak pilihan dalam hal makanan dan tempat.


Ingin memesan liburan internasional?

Pesan liburan yang tak terlupakan di TravelTriangle dengan lebih dari 650 agen perjalanan terverifikasi untuk lebih dari 65 tujuan nasional dan internasional.